Banyak yang bertanya seberapa besar sih Pengaruh modifikasi knalpot pada tenaga sepeda motor terutama motor dengan mesin 4 tak. Mesin pada sepeda motor sudah didesain sedemikian rupa. Berbeda dengan mesin pada mobil, atau mesin diesel atau mesin-mesin lainnya. Bagian gas pembuangan yang tersalurkan lewat lobang knalpot pada mesin sepeda motor tidak hanya sekedar dibuang begitu saja. Lobang yang didesain pada knalpot diatur sedemikian rupa tidak sekedar untuk lobang pembuangan saja. Akan tetapi lebih dari itu lobang saluran knalpot bisa digunakan untuk mengatur daya mesin yang dihasilkan saat mesin bekerja.

knalpot modifikasi dan Tenaga motor
Gas yang dibuang lewat saluran knalpot sepeda motor terutama mesin 4 tak, tidak serta merta dilepas langsung ke udara bebas, akan tetapi ada sebagian lagi yang masih tertahan dalam bagian ruang knalpot. Hal itu ditujukan untuk menjaga agar tenaga yang dihasilkan tidak terbuang bersamaan dengan keluarnya gas pembuangan. Banyak para remaja yang ingin eksis dengan membuat sepeda motornya meraung keras hingga membuat telinga sakit dengan memasang knalpot pendek atau knalpot yang dipotong sehingga lobangnya menganga lebar.

Memang dengan demikian ini suara yang timbul bisa sangat keras membuat pemiliknya merasa puas. Namun bagi orang lain sangat menganggu kenyamanan saat istirahat. Apalagi kalau melewati jalan dan gang yang kecil hal sangat menganggu ketentraman. Hal ini bisa membahayakan pengendaranya karena akan ada batu dan kayu melayang mengenai kepala atau kendaraan motor tersebut. Tidak hanya merusak suasana santai beristirahat namun juga bisa membuat mesin cepat rusak dan tenaga mesin juga akan banyak berkurang. Hal ini karena piston dan klep akan cepat aus karena gas semuanya terbuang keluar semuanya secara langsung tanpa ada gas sisa yang menjadi penghambat tenaga yang dihasilkan mesin muntah keluar. Sedangkan gas sisa pembakaran yang tertampung dalam ruang knalpot tersebut sangat berarti untuk menghambat keluarnya tenaga dengan percuma.   


0 comments:

Post a Comment

 
Top